Tutorial Upgrade OS BB

Tutorial Upgrade OS BB

16 Nov
    Sumber gambar : www.google.com
     Saya adalah salah satu pengguna blackberry di Indonesia ini.Walaupun saya juga bukan pengguna baru BB, juga bukan ahlinya dalam  mengatasi software BB . Karena emang pada dasarnya saya memang suka utak-atik sesuatu barang yang saya miliki , nah nah nah…. si Blackberry atau BB ini emang pas buat di utak atik. Maka jiwa pengutak-atik saya berkembang dan setelah baca sana sini caranya, saya akhirnya memberanikan diri untuk upgrade Operating System (OS) BB sendiri. Bener kok kalo kita mesti “do with own risk”. Untungnya selama saya upgrade/downgrade BB sendiri tidak pernah terjadi masalah sedikitpun. Sampai-sampai kawan pun minta BB nya di upgrade, :D , lumayan untuk tambah pengalaman sekalian mempertajam sklill (wuih.. bahasanya berata amat) dalam mengupgrade OS BB. Berbagi itu adalah sesuatu yang indah , oleh karena itu saya berbagi tips kepada seluruh pengguna BB di Indonesia. Supaya saya juga tidak lupa dengan apa yang pernah saya pelajari.
Alat-alat yang dibutuhkan :
1.  BB yang mau di upgrade.
2. Kabel data (disarankan untuk menggunakan kabel data yang asli yang memang bawakan BB tersebut).
3. PC/Laptop/Notebook/Netbook dalam kondisi baik atau tidak rusak.
Software yang dibutuhkan :
1. OS yang akan di instal. Sesuaikan dengan HP anda.
2. DM (Dekstop manager) yang sudah diinstal di PC/laptop anda, kalo belum ada silakan download disini.
3. JL_Cmder, kalo belum punya juga silahkan download disini
Langkah-langkah :
  1. Instal BlackBerry Desktop Manager ke komputer anda dari CD atau website BlackBerry.com/desktop
  2. Download OS dari website disini ke komputer anda. penting, pilih sesuai jenis BlackBerry anda. Download OS terbaru.
  3. Setelah download, klik file exe OS untuk Install OS ke komputer yang akan diupgrade via komputer. Penting Restart komputer anda.
  4. Hapus vendor.xml di C drive -> program files -> common files -> research in motion -> app.loader
  5. Back up data handheld BlackBerry ke komputer dengan Desktop Manager, Baca Cara Backup Blackberry dengan Desktop manager.
  6. Matikan network copot memory card anda (optional)
  7. Wipe Handled (optional hanya untuk hanheld yang memang sudah bermasalah) di BlackBerry dengan cara option -> security options -> general settings -> pencet tombol menu BB -> wipe handheld. Tunggu sampai dengan proses wipe kelar. Kalau OS masih yg 4.2 wipe include 3rd party, kalau OS 4.5 tidak usah. Tapi kalau tidak yakin, wipe semuanya daripada crash.
  8. Klik icon untuk buka software desktop manager, colok BlackBerry nya ke komputer untuk di connect ke desktop manager.
  9. Desktop manager akan otomatis detect untuk synchronize data, lalu akan otomatis check for updates yang muncul OS versi terbaru sebagai updates/upgrade, Ikut petunjuk. (kalau tidak terdetect, restart lagi komputer dan restart desktop manager. NB: Desktop Manager harus distart dan buka dari main menu.
  10. Kalau desktop manager masih tidak mendetect OS baru, tutup desktop manager dan masuk ke tempat hapus vendor xml, klik loader.exe dan ikuti petunjuk.
  11. Tunggu sampai benar2 nyala dan booting sampai dengan home screen. Jangan cabut kabel atau mainin kabel data.
  12. Setelah OS telah diupdate, anda harus setting kembali, time, emails account settings, wifi dll…
Jika gagal upgrade gagal upgrade atau ada fatal error, siap-siap wipe BB dan re-install lagi OSnya. Selamat mencoba semoga berhasil.Jangan lupa kasih comentnya jika berhasil :D ,  kalau gagal silahkan tanyakan kepada saya.


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More